XAMthonePlus

Senin, 23 Juli 2012

Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah kondisi dimana seseorang mengalami gejala susah tidur. Penyebabnya pun bias bermacam-macam, ada yang susah tidur karena mikirin hutang, ada juga yang susah tidur karena lembur banyak kerjaan, bahkan ada yang susah tidur karena takut dimarahin warga (ya iyalah… kalo lagi ronda mah gak boleh sambil tidur). Namun sebaliknya, terlalu mudah tidur pun juga gak baik. Apalagi yang pelor (nempel molor), ciri utama orang yang memiliki gejala pelor adalah memiliki pekerjaan sambilan, misalnya sambil nyetir tidur, sambil merem tidur, dan lain sebagainya. Pada postingan kali ini, saya akan berbagi sedikit tips untuk mengatasi insomnia alias susah tidur. Bila anda termasuk penderita insomnia, bisa mencoba tips-tips ampuh berikut ini:
  1. Hindari mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi dan yang mengandung kafein pada waktu-waktu menjelang tidur. Kafein biasa terdapat pada kopi, teh, cokelat, rokok, alkohol, cola dan minuman berkarbonasi lainnya yang mengandung stimulan ini. 
  2. Hindari tidur siang yang berlebihan, karena kapasitas tidur siang yang berlebihan akan mempengaruhi kualitas tidur malam. 
  3. Mandi air hangat sebelum tidur dapat menurunkan ketegangan otot-otot tubuh, sehingga dapat membuat tubuh lebih rileks sebelum berangkat tidur. 
  4. Bacalah buku (misalnya manual book handphone atau apa pun itu yang isinya membosankan) atau anda dapat melakukan sesuatu secara berulang-ulang sampai bosan (misalnya ngitungin beras). Dan cobalah untuk tidak menonton televisi atau mendengarkan radio ketika tidur. Gangguan seperti ini akan menyita perhatian dan menyebabkan terus terjaga. 
  5. Aturlah ruang tidur senyaman mungkin sehingga dapat menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Gunakanlah bantal atau selimut yang bersih dan segar serta jaga suhu ruangan senyaman mungkin (tidak terlalu panas atau dingin). Bila perlu matikan lampu kamar atau dapat juga dengan menggunakan lampu dengan pencahayaan redup, cahaya yang terlalu terang dapat membuat mata tidak rileks (bukan kita saja yang butuh istirahat, mata pun juga). 
  6.  Hilangkan semua kecemasan ketika tidur. Jangan terbawa cemas oleh tagihan-tagihan rekening, memikirkan kesalahan yang telah anda perbuat tadi siang, cinta yang tak terbalas, dan lain sebagainya. Gunakanlah waktu istirahat anda dengan sebaik-baiknya agar aktifitas kita esok hari dapat lebih optimal. 
  7. Menghitung secara perlahan serupa dengan aktivitas hipnotis. Misalnya dengan membayangkan citra monoton yang terus menerus, akan membuat Anda bosan dan akhirnya dapat tidur. 
  8. Olahraga yang teratur akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman. Olah raga disini, maksudnya aktifitas fisik lho… soalnya kalo olah raganya maen catur, bakalan betah melek deh. 
  9. Jangan gunakan obat tidur berbahan kimia, karena dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan ingatan, kurang waspada, sering ngompol dan sakit kepala. Selain itu, penggunaan obat-obat tanpa resep dari dokter juga dapat memberi efek ketergantungan. Sebagai alternatif, cobalah mengonsumsi olahan buah pala terbukti efektif dapat membuat tidur anda lebih nyenyak. 
  10. Langkah yang tidak kalah pentingnya adalah dengan terapi refleksi yang dapat mengendorkan ketegangan akibat rutinitas dan telah terbukti mampu mengobati imsomnia kronis.
Sekedar mengingatkan, mengatasi susah tidur dengan cara mengoleskan power glue di kelopak mata maupun dengan menjedot-jedotkan kepala ke tembok adalah cara yang salah. Cara yang paling efektif menurut saya pribadi adalah dengan mengonsumsi XAMthonePlussebelum tidur. Minum XAMthonePlusdi malam hari membuat tidur anda nyenyak dan bangun segar bugar, sedangkan minum XAMthonePlusdi pagi hari dapat menambah tenaga ekstra.

0 komentar:

Posting Komentar